Apakah Jerawat Menular? Simak Penjelasannya

  • Whatsapp
image 33

PortalKota, Jakarta – Ini pertanyaan yang masuk akal untuk ditanyakan: apakah jerawat menular? Anda mungkin pernah bertanya-tanya sebelumnya, atau Anda mungkin memiliki pertanyaan serupa lainnya tentang jerawat dan jerawat.

Jawaban singkatnya tidak. Jerawat tidak menular, jadi Anda tidak bisa “menangkap” jerawat dari orang lain. Tapi itu pertanyaan yang menarik dan melihat lebih dalam pada jawabannya haruslah berwawasan!

Bacaan Lainnya

Jadi, Apakah Jerawat Menular?

image 36

Ada banyak mitos seputar jerawat. Salah satu mitos tersebut adalah bahwa jerawat itu menular – bahwa Anda dapat tertular dari orang lain atau menyebar di antara orang-orang. Mitos lainnya adalah bahwa jerawat disebabkan oleh kotoran, atau orang yang berjerawat itu tidak bersih. Tak satu pun dari pernyataan ini benar.

Advertisements

Kami tahu bahwa tidak ada yang najis tentang jerawat. Faktanya, ini lebih mungkin disebabkan oleh terlalu banyak pembersihan! Membersihkan minyak alami pada kulit dapat menyebabkan produksi berlebih, menyebabkan lebih banyak jerawat. Ini adalah kebenaran ironis yang mungkin sulit untuk dipahami, banyak yang mulai menggosok wajah mereka dengan pembersih yang kuat untuk bertanya-tanya mengapa jerawat mereka semakin parah – jangan terjebak!

Setiap orang memiliki bakteri jerawat di kulitnya. Tapi apakah itu berubah menjadi jerawat atau tidak tergantung pada faktor lain, itu adalah tindakan penyeimbangan yang cermat. Anda tidak dapat menyebarkannya ke orang lain, karena sudah ada dan tidak akan ditransfer. Anda dapat berbagi handuk, mencium, atau menyentuh kulit yang berjerawat tanpa “terjangkit”. Namun, secara umum, Anda harus berhati-hati terhadap benda yang tidak dikenal atau tidak bersih yang menyentuh wajah Anda karena dapat mengiritasi jerawat Anda atau memperburuknya. Infeksi tidak mungkin tertular melalui rasa sakit, tetapi hal itu mungkin terjadi, jadi obati bintik-bintik dengan hati-hati dan bersihkan secara teratur jika kotor, misalnya saat berolahraga. Menyentuh jerawat Anda bisa membawa kuman dan bakteri lain ke luka, membuat noda semakin parah!

Mencungkil dengan jari juga dapat memperparah jerawat karena bagian bawah kuku umumnya tidak bersih. Hal ini dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, dan iritasi – tangan kita membawa banyak kuman, bakteri, dan kotoran, meskipun terlihat bersih! Jika Anda memencet atau mengorek jerawat dan merusak kulitnya maka kuman tersebut bisa masuk ke dalam jerawat. Hal ini dapat menyebabkan jerawat semakin parah, atau terinfeksi.

Advertisements

Sedangkan jawaban untuk “apakah jerawat itu menular?” tidak, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat Anda. Membersihkan kulit Anda secara teratur itu penting. Tapi begitu juga pelembab untuk menggantikan minyak yang hilang. Menggunakan “ popper jerawat ” atau ekstraktor komedo yang tepat adalah higienis dan mengurangi pembengkakan dan kemerahan. Dokter Anda mungkin dapat meresepkan obat untuk jerawat Anda.

Jerawat dan jerawat mempengaruhi kebanyakan orang pada suatu waktu. Itu tidak menular, atau kotor. Ini mungkin membuat frustrasi tetapi bukan alasan untuk tidak merasa percaya diri dan hebat tentang diri sendiri. Jerawat adalah proses alami bagi banyak dari kita dan pengobatan serta penanganannya mudah dilakukan jika Anda dipersenjatai dengan teknik dan produk yang tepat untuk mendukung Anda!

Advertisements

Pos terkait