CEK FAKTA: Video Viral Anies Baswedan Pilih Gatot Nurmantyo sebagai Cawapres 2024! Benarkah?

No comments
CEK FAKTA: Video Viral Anies Baswedan Pilih Gatot Nurmantyo sebagai Cawapres 2024! Benarkah?

PORTAL KOTA – Beredar video yang menyebut bahwa Anies Baswedan telah resmi menunjuk Gatot Nurmantyo sebagai cawapres dan membatalkan pilihan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam Pilpres 2024 mendatang.

Video tersebut diunggah di sebuah akun YouTube pada tanggal 9 Mei 2023 dan memunculkan gambar thumbnail yang cukup meyakinkan dengan menampilkan Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo diapit oleh ketua-ketua umum parpol.

Namun, setelah penelusuran oleh PortalKota.com, belum ada pernyataan resmi yang menyatakan bahwa Anies Baswedan memilih Gatot Nurmantyo sebagai cawapres.

Video tersebut hanya memproduksi ulang konten pemberitaan dari media online dengan tambahan thumbnail dan judul video yang menarik untuk meningkatkan jumlah penonton.

Gatot Nurmantyo sendiri telah mengklaim bahwa telah ada dua partai politik yang menghubunginya untuk meminangnya sebagai cawapres Anies Baswedan.

Namun, mantan Panglima TNI tersebut enggan untuk menyebutkan nama partai politik tersebut.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa narasi dalam video yang beredar bahwa Anies Baswedan telah menunjuk Gatot Nurmantyo sebagai cawapres adalah hoax karena belum ada pernyataan resmi dan narasi dalam video tersebut hanya menggunakan informasi yang tidak jelas untuk menarik perhatian penonton.