Desain Interior Rumah Minimalis Tren 2019

by
No comments
069265300 1549570874 5 tren desain interior rumah tahun 2019

Tren Desain Interior Minimalis 2019


desain interior minimalis 2019

Desain interior minimalis menjadi salah satu pilihan yang cukup populer bagi rumah-rumah masa kini, dari desain ruang tamu hingga kamar tidur. Dalam tahun 2019, desain interior minimalis masih tetap menjadi pilihan dengan sentuhan modern dan gaya yang lebih simpel. Berikut ini adalah beberapa tren desain interior minimalis yang ngetren di tahun 2019.

Warna Netral


warna netral

Warna netral menjadi salah satu tren dalam desain interior minimalis 2019. Warna netral yang dimaksud seperti putih, abu-abu, dan beige. Warna-warna tersebut dapat memberikan kesan yang bersih, tenang, dan elegan pada ruangan. Dalam menerapkannya, dapat menggunakan wallpaper, cat dinding, perabotan hingga aksesoris.

Gaya Scandinavian


gaya scandinavian

Gaya Scandinavian menggunakan nuansa yang simpel namun tetap memberikan kehangatan pada ruangan. Gaya ini juga mengutamakan penggunaan material alami dan ramah lingkungan seperti kayu atau anyaman. Dalam menerapkannya, dapat menggunakan elemen perabotan seperti lemari, meja atau kursi dengan tampilan yang simpel dan minimalis.

Penggunaan Material Alam


material alam

Penggunaan material alami seperti kayu, bambu, batu bata, atau marmer akan membuat tampilan ruangan menjadi lebih natural dan tenang. Gaya ini cocok untuk yang menginginkan tampilan interior yang lebih kekinian dan berkarakter. Selain itu penggunaannya juga lebih ramah lingkungan dan menciptakan kesejukan pada suhu ruangan saat cuaca yang panas.

Furniture yang Multifungsi dan Minimalis


furniture minimalis

Furniture minimalist dan multifungsi seperti meja yang dapat dijadikan rak buku atau lemari dengan bentuk dan desain yang simpel dan menarik tetap menjadi pilihan. Sebagai contoh adalah tempat tidur dengan desain yang simpel namun membawa banyak fungsi, seperti memiliki banyak ruang penyimpanan. Hal ini akan menghemat ruang tanpa mengurangi estetika dari ruangan.

Dengan menerapkan beberapa tren desain interior minimalis di atas, diharapkan dapat memberikan kesan yang modern, simpel, elegan dan tetap memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Namun yang paling penting, pilihlah desain interior yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan kita masing-masing.

Konsep Desain Interior Minimalis


desain interior minimalis

Konsep desain interior minimalis menjadi sangat populer di kalangan masyarakat pada akhir-akhir ini. Konsep ini memfokuskan pada kepraktisan, kesederhanaan, dan minimalisme sehingga memberikan kesan ruangan yang luas, bersih, dan nyaman. Konsep ini cocok diaplikasikan untuk apartemen, rumah kecil, ataupun hunian yang memiliki luas yang terbatas.

Desain interior minimalis menyediakan ruang yang lebih terbuka sehingga dapat memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik. Untuk menciptakan ruangan yang terbuka tersebut, maka penting untuk memaksimalkan penggunaan furnitur dan benda-benda dekorasi yang sesuai dan efektif. Warna netral dan simply decorative yang elegan dapat memberikan sentuhan klasik dan modern pada hunian. Penggunaan warna putih dan abu-abu pada dinding, plafon, dan lantai adalah contoh warna netral yang cocok dengan gaya desain ini.

Menggunakan Furnitur Minimalis


furnitur minimalis

Furnitur minimalis seperti sofa yang simpel dan meja kecil menjadi pilihan tepat dalam konsep desain interior minimalis. Furniture yang memiliki desain modern dan simple akan memungkinkan ruang tamu terlihat lebih besar. Pastikan sewaktu memilih furnitur, pilihlah yang berkualitas dan sesuai dengan desain interior hunian.

Tidak perlu memilih banyak furnitur, karena dengan penggunaan furnitur yang tepat dapat menciptakan ruangan yang luas. Dalam kamar tidur, terdapat banyak pilihan furniture minimalis seperti tempat tidur, rak buku, dan lemari yang simpel dan mudah dalam perawatannya.

Penggunaan Pencahayaan


pencahayaan minimalis

Penggunaan lampu minimalis dapat menciptakan kesan yang elegan dalam konsep desain interior minimalis. Pencahayaan yang pas dapat memperkuat suasana dan memberikan kesan yang lebih luas pada ruang. Penggunaan lampu yang diletakkan pada titik-titik yang strategis dapat memberikan kesan yang lebih maksimal

Selain pencahayaan lampu, penggunaan cahaya alami dari matahari dapat memperindah konsep desain interior minimalis. Pastikan ada jendela yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Jendela yang besar memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam rumah, sirkulasi udara pun akan menjadi lebih baik.

Pemilihan Material Minimalis


material minimalis

Bahan-bahan yang tebal dan berat seperti batu dan kayu dapat menciptakan kesan minimalis dan modern dalam konsep desain interior minimalis. Selain itu, penggunaan bahan-bahan seperti kaca dan stainless steel juga dapat menciptakan kesan minimalis. Untuk konsep desain interior minimalis, pastikan untuk menghindari penggunaan kain tebal dan bahan-bahan yang mengambil ruang terlalu banyak.

Mempertimbangkan pemilihan material dengan cara mempertimbangkan tampilan dan nilai tahan lama adalah penting dalam konsep desain interior minimalis. Terlepas dari desain interior yang minimalis, masih tetap mempertimbangkan kualitas setiap barang yang digunakan agar terhindar dari kecacatan pada item-item dalam rumah kita.

Kesimpulan


desain interior minimalis

Konsep desain interior minimalis sangat cocok untuk hunian yang kecil atau apartemen dengan trek kontemporer. Penggunaan warna netral, furniture minimalis, pencahayaan tepat, dan pemilihan material minimalis dapat memaksimalkan penggunaan ruang dan memperindah hunian Anda. Terlebih lagi, desain ini sangat praktis karena memudahkan dalam pengaturan dan perawatan ruangan.

Warna-warna yang Populer pada Desain Interior Minimalis 2019


warna minimalis 2019

Warna menjadi faktor penting dalam desain interior minimalis 2019. Kebanyakan orang memilih warna netral yang tidak mudah bosan dengan pola simpel. Warna dominan di dalam rumah minimalis tahun ini adalah abu-abu, putih, cokelat, dan hitam. Beberapa warna netral ini menghasilkan keseimbangan yang sempurna untuk semua jenis ruangan.

Tidak hanya warna netral, warna-warna pastel seperti dusty pink dan biru laut juga menjadi warna yang populer pada desain interior minimalis tahun ini. Warna-warna lembut ini memberikan kesan yang lebih elegan dan menenangkan pada ruangan. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki rumah dengan atmosfer yang tenang dan rileks.

Tekstur sebagai Fokus Utama pada Desain Interior Minimalis 2019


tekstur minimalis 2019

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2019 tekstur menjadi fokus utama pada desain interior minimalis. Kombinasi warna dan tekstur memberikan kesan yang unik dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Tekstur seperti kayu, batu bata, dan kain kasar menjadi populer karena memberikan kesan yang natural dan dekat dengan alam.

Tidak hanya pada dinding, tekstur yang ada pada furniture juga menjadi hal penting pada desain interior rumah minimalis tahun ini. Fotur seperti ruang kerja, rak buku, dan meja kayu menjadi produk yang banyak dipilih. Pilihan tersebut dikarenakan teksturnya yang alami dan natural.

Perpaduan yang Cocok antara Desain Modern dan Tradisional


desain modern minimalis dan tradisional

Desain interior rumah minimalis 2019 juga menggabungkan gaya modern dan tradisional. Konsep ini menciptakan harmoni antara ruang tamu dengan kamar tidur, sehingga terlihat homogen. Di sini, perpaduan antara furnitur modern dengan aksen tradisional akan menjadi lebih keren dan menarik.

Aksen tradisional seperti lampu kristal dan perabotan kayu dapat ditemukan pada kamar tidur, sedangkan furnitur modern seperti sofa multifungsi dan lemari pendingin ditempatkan pada ruang tamu. Perpaduan ini mampu menciptakan suasana yang sangat nyaman dan modern pada rumah Anda.

Kombinasi Desain Minimalis dengan dekorasi yang Beragam


kombinasi desain minimalis dengan dekorasi yang beragam

Desain interior minimalis menjadi pilihan banyak orang karena memberikan kesan yang simpel dan elegan. Selain itu, desain ini dapat diaplikasikan pada berbagai jenis rumah, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Namun, seringkali orang merasa bosan dengan tampilan yang terlalu polos, sehingga perlu ditambahkan dekorasi-dekorasi yang beragam untuk memberikan sentuhan yang sedikit berbeda. Berikut adalah beberapa tips untuk mengkombinasikan desain minimalis dengan dekorasi yang beragam:

1. Aksesoris Dekoratif

aksesoris dekoratif minimalis

Pilihlah aksesoris-aksesoris dekoratif yang sederhana, namun dapat memberikan kesan yang menarik. Beberapa aksesoris yang cocok digunakan adalah vas bunga, lukisan abstrak, serta lampu yang memiliki desain yang unik, sehingga dapat mempercantik tampilan rumah minimalis Anda.

2. Tanaman Hias

tanaman hias minimalis

Tanaman hias dapat menjadi salah satu cara untuk memberikan kesan alami dan segar pada rumah minimalis Anda. Memilih tanaman hias yang sesuai dengan tema dan warna ruangan juga dapat memberikan sentuhan artistik pada desain interior Anda.

3. Wallpaper dengan Motif

wallpaper dengan motif minimalis

Memilih wallpaper dengan motif dapat memberikan kesan yang hangat dan nyaman pada ruangan minimalis Anda. Pilihlah warna-warna netral dan motif yang simpel agar tetap terlihat minimalis. Sebaiknya, gunakan wallpaper pada dinding yang kosong agar ruangan terlihat lebih hidup.

4. Karpet Berwarna-Warni

karpet berwarna-warni minimalis

Pilihlah karpet berwarna-warni dengan motif yang sederhana agar tidak mengganggu kesan minimalis pada rumah Anda. Karpet dapat menambah kenyamanan, terutama pada ruangan yang sering digunakan. Pilihlah karpet berukuran kecil agar sesuai dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu besar.

Dengan mengkombinasikan desain minimalis dengan dekorasi yang beragam, rumah minimalis Anda akan terlihat lebih hidup dan tidak terlalu polos. Pilihlah dekorasi-dekorasi yang sesuai dengan tema dan warna pada ruangan, agar terlihat lebih artistik dan elegan.

Perpaduan Warna Netral dan Accent Warna Pastel

perpaduan warna netral dan accent warna pastel

Warna netral seperti putih, abu-abu, dan cokelat sangat sering digunakan dalam desain interior minimalis. Namun, penggunaan warna accent seperti pastel dapat memberikan tampilan yang segar dan menarik. Pilih satu atau dua warna pastel untuk digunakan dalam aksesoris atau furnitur kecil, seperti bantal, karpet, atau lampu meja. Cara ini tidak hanya membuat ruangan terlihat lebih hidup, tetapi juga bisa memudahkan dalam membuat tema yang konsisten.

Warna-warna netral memberikan suasana yang tenang dan bersih, sedangkan warna pastel akan menambahkan sedikit seksama–sehingga ruangan terlihat lebih dinamis.

Memilih Furnitur Minimalis dan Fungsional

memilih furnitur minimalis dan fungsional

Furnitur dalam desain interior minimalis harus fungsional dan memiliki desain sederhana. Hindari furnitur yang rumit dan besar yang dapat mengambil banyak ruang. Jangan khawatir, karena saat ini bermunculan furnitur lipat atau multifungsi yang sangat cocok untuk dijadikan pilihan.

Pilih furnitur berukuran kecil dan sederhana, seperti sofa berbentuk L, meja sederhana, dan kursi-kursi lipat. Saat memilih furnitur, pertimbangkan warna dan bahan yang cocok dengan tema yang diinginkan. Pastikan juga ukurannya cukup kecil sehingga tidak memakan banyak ruang.

Maximalkan Fungsi dari Setiap Ruangan

maximalkan fungsi dari setiap ruangan

Saat merancang desain interior rumah minimalis, pastikan setiap ruangan berfungsi maksimal dan efisien. Misalnya, ruang tamu menjadi tempat untuk bersantai, sedangkan ruang makan berfungsi sebagai tempat untuk makan. Jika ruangan terlalu kecil, pertimbangkan penggunaan multifungsi, seperti tempat tidur lipat atau laci yang dapat ditarik keluar sebagai meja.

Area dinding dan langit-langit juga dapat dimaksimalkan dengan menambahkan rak atau lemari gantung. Cara ini tidak hanya membuat ruangan terlihat lebih rapi, tetapi juga dapat memaksimalkan ruang penyimpanan. Pertimbangkan juga untuk menempatkan furnitur di sudut-sudut rumah yang terabaikan sehingga tidak menjadi tempat aksesoris atau benda yang tidak berguna.

Pertimbangkan Pencahayaan yang Baik

pencahayaan rumah minimalis

Pencahayaan adalah elemen penting dalam desain interior rumah minimalis. Saat memilih pencahayaan, pastikan untuk memilih lampu-lampu yang memberikan cahaya yang cukup terang tapi tidak berlebihan. Pertimbangkan pula warna cahaya dan tata letak lampu sehingga sebaik mungkin menyinari seluruh ruangan.

Anda juga perlu menjadi kreatif dengan pencahayaan. Misalnya, pertimbangkan penggunaan lampu-lampu indirek atau lampu-lampu meja kecil sebagai sumber cahaya tambahan. Dengan cara itu, tidak hanya mempercantik tampilan rumah, tetapi juga membuatnya terlihat lebih hangat dan nyaman.