Desain Kebun Samping Rumah yang Menawan

th?q=desain+kebun+samping+rumah&pid=api&mkt=en us&adlt=moderate&t=1 th?q=desain+kebun+samping+rumah&pid=api&mkt=en us&adlt=moderate&t=1

Pendahuluan

desain kebun samping rumah

Kebun samping rumah menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan udara segar di tengah kota yang padat. Selain itu kebun samping rumah juga dapat memberikan angin sejuk di sekitar area rumah sehingga membuat rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman. Namun untuk mendapatkan tampilan kebun yang indah dan nyaman dipandang terlebih dahulu harus memperhatikan beberapa hal.

Menentukan Tipe-Tipe Tanaman

tipe tanaman kebun samping rumah

Berbagai macam tipe tanaman bisa ditanam di kebun samping rumah, namun sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu jenis tanaman yang cocok untuk tumbuh di area tersebut. Pilihlah beberapa jenis tanaman yang memiliki kemiripan kebutuhan air dan cahaya. Selain itu pertimbangkan juga letak tanaman tersebut agar mudah dirawat dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk kebun samping rumah yang terbatas, pertimbangkan menanam tanaman yang bisa tumbuh vertikal seperti merambat atau tanaman hias gantung.

Pemilihan Pohon Peneduh yang Cocok

pohon peneduh kebun samping rumah

Pemilihan pohon peneduh perlu dipertimbangkan dengan baik, karena pohon yang tidak cocok dapat menjadi pengganggu dan bahkan merusak struktur rumah. Pilihlah pohon yang memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan peneduh dan tidak mengganggu aktivitas di sekitar kebun.

Perhatikan juga apakah jenis pohon itu memiliki akar yang dalam atau meluas. Jika iya, maka jangan menanam pohon tersebut di area kebun samping rumah yang dekat dengan jalur pipa atau TV-kabel.

Penataan Jalan Setapak dan Area Hijau

jalan setapak kebun samping rumah

Penataan jalan setapak dan area hijau pada kebun samping rumah juga penting untuk diperhatikan. Buatlah jalan setapak menuju ke area hijau atau berbagai asesoris yang dipasang pada kebun samping rumah. Bentuk jalan setapak menyesuaikan dengan bentuk dan desain rumah.

Area hijau yang dibuat juga sebaiknya memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan bermain anak atau area bersantai keluarga. Buatlah area hijau yang cukup lapang dan nyaman untuk bermain anak-anak atau tempat bersantai keluarga.

Menyiram Tanaman Secara Teratur

menyiram tanaman kebun samping rumah

Menyiram tanaman pada kebun samping rumah secara teratur merupakan hal yang sangat penting. Tanaman yang kurang air dapat membuatnya mati dan merusak keindahan kebun. Pastikan menyiram tanaman tersebut juga tidak berlebihan, agar keseimbangan air pada tanah tidak terganggu.

Cukup menyiram tanaman pada pagi hari atau sore menjelang malam, karena saat itu adalah waktu yang tepat untuk tanaman menyerap air dan nutrisi.

Menjaga Kebersihan pada Kebun

kebersihan kebun samping rumah

Menjaga kebersihan pada kebun juga perlu diperhatikan agar kebun samping rumah tetap terlihat indah dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Rapihkan dahan pohon yang sudah kering dan jangan biarkan sampah menumpuk di kebun. Selain itu, atur posisi alat kebun (biasanya beli di Ace Hardware atau di Tokopedia) dengan rapi agar tidak mengganggu jalur setapak atau keselamatan area kebun.

Dalam menjaga kebersihan kebun samping rumah ini, jangan lupa juga oleh menjaga bahwa taman hijau rumah Anda juga menjaga kebersihan lingkungan sekitar, seperti membuang sampah pada tempatnya dan merawat kebun dengan penuh penuh kasih saying dan keseimbangan.

Kesimpulan

kesimpulan desain kebun samping rumah

Desain kebun samping rumah menjadi salah satu cara untuk mempercantik tampilan rumah dan memberikan udara segar. Agar kebun samping rumah tetap terlihat indah, diperlukan perawatan yang rutin dan tepat. Mulailah memilih tipe tanaman, pemilihan pohon peneduh yang cocok, dan menjaga kebersihan kebun agar tetap terlihat indah dan segar.

Temukan Tema Desain Yang Anda Sukai

tema desain kebun samping rumah

Desain kebun samping rumah bisa menjadi salah satu kreator suasana yang indah dan menenangkan. Namun, dalam mendesain kebun samping rumah Anda, Anda harus menentukan tema desain terlebih dahulu. Tema desain yang dipilih akan menjadi dasar dalam memilih jenis tanaman, aksen dekoratif, dan material paving yang akan digunakan. Pemilihan tema desain yang tepat akan menghasilkan tampilan kebun yang indah dan homogen.

Terdapat berbagai tema desain kebun samping rumah yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Beberapa tema desain yang populer adalah:

  • Taman English
    Taman English sering kali diidentikan dengan taman bergaya klasik Eropa yang menggunakan tipe tanaman seperti mawar, lili, dan bunga matahari sebagai tanaman hias utama. Namun, jika diterapkan pada kebun samping rumah, taman English dapat menghasilkan suasana sejuk dan cocok dijadikan sebagai area duduk santai.
  • Taman Modern
    Taman modern memiliki ciri khas yang simpel, minimalis, dan futuristik. Taman modern bisa dipadukan dengan teknologi seperti lampu taman tenaga surya dan irrigation systems yang otomatis. Taman modern cocok bagi Anda yang ingin membuat kesan kebun samping rumah yang elegan dan teknologi.
  • Taman Kontemporer
    Taman kontemporer cenderung memiliki perpaduan unsur alami dengan material modern seperti beton cor, besi, dan kaca. Taman kontemporer cocok bagi Anda yang ingin menyampaikan eksplorasi antara elemen alami dengan unsur modern.

Pilihan tema desain tidak terbatas pada tiga tema desain di atas. Anda bisa mencari referensi lebih banyak lagi di berbagai sumber seperti internet, tabloid, atau buku panduan desain kebun samping rumah. Kunci utama dalam menentukan tema desain adalah mencari tema desain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Gunakan Sudut-Sudut Yang Ada


kebun samping rumah sudut

Jika kebun samping rumah Anda memiliki sudut yang kosong dan tidak digunakan, sebaiknya manfaatkanlah sudut tersebut. Anda bisa memasang bunga atau tanaman lainnya untuk mempercantik sudut tersebut. Tempatkan juga kursi atau meja kecil agar sudut tersebut bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai. Namun, pastikan bahwa tanaman yang Anda tanam sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitar sudut tersebut agar tumbuh subur dan menghijau.

Jika sudut kebun samping rumah Anda sudah terpakai semua, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memasang pot-pot tanaman pada dinding rumah di sudut-sudut yang ada. Pot-pot tanaman ini akan memberikan tampilan cantik dan unik pada dinding rumah Anda serta bisa menambah kesan hijau pada lingkungan sekitar rumah.

Salah satu ide yang dapat Anda terapkan adalah dengan memasang vertikal garden di sudut-sudut kebun rumah Anda. Vertikal garden dapat diaplikasikan dengan mudah, tidak memerlukan ruang yang besar dan mampu menciptakan tampilan hijau yang menakjubkan di sudut-sudut kebun samping rumah Anda. Selain itu, vertikal garden dapat memperbaiki kualitas udara sekitar dan menyerap suara bising.


kebun samping rumah vertical garden

Pertimbangkan Pencahayaan Secara Alami


pencahayaan alami samping rumah

Bagaimana menambahkan keindahan pada kebun samping rumah Anda? Pertimbangkan untuk menambahkan pencahayaan alami! Tanaman akan tumbuh lebih baik di tempat yang terkena sinar matahari langsung, tetapi tanaman juga membutuhkan waktu di bawah naungan. Pilih tumbuhan yang tumbuh dengan baik dan membutuhkan sedikit sinar matahari, seperti tanaman obor- oboran, teratai, atau bromelia. Tanaman ini akan menambah keindahan kebun samping rumah Anda dengan sedikit cahaya matahari.

Anda juga dapat mempertimbangkan taman vertikal atau dinding hijau, yang memberikan area hijau pada dinding di sekitar kebun samping rumah Anda. Ini terutama bagus jika Anda memiliki sedikit ruang di kebun samping rumah Anda. Ada banyak opsi tumbuhan yang cocok untuk dinding hijau, termasuk tanaman bergelombang, spider plant, dan pothos. Kelebihan dari taman vertikal adalah selain membuat kebun samping rumah terlihat lebih cantik, tumbuhan juga berfungsi sebagai penghasil oksigen, menyerap polutan, dan mengurangi suhu area sekitarnya.

Biarkan Kreativitas Anda Mengalir


biarkan kreativitas anda mengalir

Kebun samping rumah memang memberikan kepuasan tersendiri saat kita merawatnya. Selain membuat rumah terlihat indah, kebun samping rumah juga memberi kesegaran dan keceriaan di sekitar lingkungan sekitar. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengeluarkan ide kreatif dalam mendesain kebun samping rumah Anda. Memulai dengan menentukan tema kebun yang diinginkan bisa menjadi awal yang baik untuk memulai desain kebun samping rumah.

Jangan takut untuk mengekspresikan keinginan dan selera Anda dalam mendesain kebun samping rumah. Beberapa hal yang bisa dijadikan referensi dalam mendesain kebun samping rumah antara lain, taman Jepang, taman kaktus, taman bunga atau taman air.

Taman Jepang menjadi pilihan yang sering direkomendasikan karena memiliki keindahan yang alami. Biasanya, taman Jepang ditata dengan material yang berasal dari alam seperti batu, kayu, dan tanah. Selain itu, taman Jepang juga memiliki bangunan khas Jepang seperti gazebo atau jembatan kecil yang menambah keindahan taman.

Jika Anda ingin membuat kebun samping rumah yang lebih unik, taman kaktus bisa menjadi pilihan menarik. Taman kaktus tidak hanya diisi dengan berbagai jenis kaktus, tetapi juga bisa dilengkapi dengan bunga kaktus dan tanaman sukulen. Tanaman sukulen bisa memberikan kesan unik dan menarik, serta sangat mudah dirawat.

Memilih taman bunga sebagai tema kebun samping rumah juga menjadi pilihan yang tidak kalah menarik. Taman bunga bisa ditata dengan berbagai jenis bunga yang bermekaran sepanjang tahun atau hanya bunga musim tertentu. Selain itu, taman bunga juga bisa dilengkapi dengan berbagai dekorasi seperti patung, pahatan, atau lampion kecil yang membuat taman semakin indah.

Terakhir, taman air bisa dijadikan alternatif dalam mendesain kebun samping rumah. Taman air tidak hanya terlihat indah, tetapi juga memberikan suasana yang tenang dan menenangkan. Ada banyak variasi taman air yang dapat dipilih, dari kolam kecil yang dihiasi dengan batu dan tanaman air hingga air terjun buatan yang memberikan suara air mengalir dan membuat suasana semakin tenang.

Bagaimanapun, Anda juga bisa menggabungkan beberapa tema kebun untuk menciptakan taman yang unik dan menarik sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

You May Also Like

About the Author: administrator