Desain Lorong Samping Rumah

th?q=lorong+samping+rumah+design&pid=api&mkt=id id&adlt=moderate&t=1 th?q=lorong+samping+rumah+design&pid=api&mkt=id id&adlt=moderate&t=1

Pengertian Desain Lorong Samping Rumah

desain lorong samping rumah

Desain lorong samping rumah adalah salah satu elemen penting dalam mendesain sebuah rumah. Hal ini bertujuan untuk menentukan penggunaan ruang dari sisi rumah agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

Desain lorong samping rumah perlu dipikirkan dengan baik karena dapat mempengaruhi tampilan keseluruhan rumah. Selain itu, dengan memperhatikan desain lorong samping rumah, kita juga bisa memaksimalkan penggunaan lahan rumah kita.

Sebelum merancang desain lorong samping rumah, kita harus mempertimbangkan beberapa hal seperti fungsi lorong tersebut, luas lahan, serta gaya arsitektur rumah yang sedang dibangun.

Contoh Desain Lorong Samping Rumah

contoh desain lorong samping rumah

Berikut ini merupakan contoh desain lorong samping rumah yang bisa menjadi inspirasi bagi anda yang sedang merancang rumah:

1. Lorong Samping Minimalis

desain lorong samping minimalis

Lorong samping minimalis adalah desain lorong samping yang memiliki tampilan simpel namun elegan. Desain ini cocok untuk rumah dengan tema minimalis yang banyak memiliki garis-garis lurus dan warna-warna netral.

2. Lorong Samping Tropis

desain lorong samping tropis

Lorong samping tropis memiliki ciri khas dengan penggunaan tanaman tropis dan bahan alami seperti kayu. Desain ini cocok untuk rumah yang memiliki konsep tropis atau eco-friendly.

3. Lorong Samping Modern

desain lorong samping modern

Lorong samping modern memiliki tampilan futuristis dan minimalis. Desain ini cocok untuk rumah yang memiliki konsep modern dan memperhatikan faktor fungsionalitas. Biasanya, lorong samping modern menggunakan material modern seperti aluminium, kaca dan beton.

Tips Desain Lorong Samping Rumah

tips desain lorong samping rumah

Untuk mendapatkan hasil yang baik pada desain lorong samping rumah, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Pilih bahan yang berkualitas

Pilihlah bahan yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Fungsionalitas harus diperhatikan

Penting untuk memperhatikan fungsi lorong samping rumah agar maximalkan penggunaannya.

3. Pilihlah desain yang sesuai dengan gaya rumah

Pilihlah desain lorong samping rumah yang sesuai dengan gaya dan tema rumah yang sedang dibangun.

4. Pertimbangkan penggunaan tanaman

Tanaman dapat memberikan kesan rimbun dan alami pada lorong samping rumah. Pilihlah tanaman yang cocok dan mudah dirawat.

5. Pertimbangkan penggunaan lampu

Lampu dapat memberikan kesan modern dan memperkuat tampilan lorong samping rumah pada malam hari. Pilihlah lampu yang sesuai dengan tema rumah dan fungsinya.

Kesimpulan

desain lorong samping rumah

Desain lorong samping rumah perlu dipikirkan dengan baik agar dapat memaksimalkan penggunaan ruang dari sisi rumah. Pilihlah desain lorong samping yang sesuai dengan gaya rumah dan pertimbangkan faktor fungsionalitas. Dengan mengikuti tips dan contoh desain lorong samping rumah di atas, diharapkan dapat membantu anda dalam merancang lorong samping rumah secara optimal.

Fungsi dari Desain Lorong Samping Rumah

desain lorong samping rumah

Desain lorong samping rumah dapat berfungsi sebagai akses penghuni pada bagian belakang rumah. Berbagai aktifitas rutin seperti mencuci, mengeringkan pakaian atau mengakses bagian belakang rumah dapat dilakukan melalui lorong samping ini. Kegiatan ini tidak hanya mempermudah akses, tetapi juga menjaga privasi keluarga, menjaga keamanan dan kenyamanan penghuni. Selain itu, lorong samping rumah juga bisa dipakai sebagai tempat penyimpanan barang atau tempat sampah yang tertata rapih.

Desain lorong samping yang optimal juga dapat membuat rumah lebih estetis dan menarik. Daripada menghadap ke jalan atau tembok rumah tetangga, penghuni dapat memanfaatkan sisi lorong samping dengan menambahkan elemen dekoratif seperti tanaman atau taman kecil. Dengan begitu, tampilan lorong samping yang rapi dan indah dapat meningkatkan nilai estetika seluruh rumah.

Tidak hanya sebagai jalur akses ke bagian belakang rumah, lorong samping juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan kendaraan. Terutama untuk rumah yang berada di area perkotaan, di mana parkir di jalan-jalan sekitar rumah bisa menjadi masalah. Dengan menggunakan lorong samping rumah sebagai tempat parkir, mobil memiliki tempat parkir yang aman dan penghuni tidak perlu khawatir dengan aturan parkir dan risiko pencurian mobil.

Desain lorong samping rumah juga harus mempertimbangkan pencahayaan yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan memasang lampu-lampu kecil yang terpasang di langit-langit lorong. Pencahayaan ini bisa ditingkatkan lagi dengan menggunakan lampu bergerak atau lampu sensor gerak yang otomatis akan menyala saat orang berada di sekitar lorong. Lampu sensor gerak membantu meminimalkan risiko kejahatan dan juga membantu penghuni dalam melakukan aktifitas di lorong samping pada malam hari.

Terakhir, desain lorong samping rumah harus memperhatikan faktor keamanan. Beberapa rumah di Indonesia memilih pagar untuk memberikan privasi dan keamanan bagi penghuni rumah. Pagar merupakan perlindungan tambahan untuk meminimalkan risiko perampokan atau kejahatan. Pagar yang kokoh dan tinggi juga berfungsi sebagai penghalang suara sehingga penghuni rumah dapat mengurangi polusi suara di sekitarnya.

Desain Lorong Samping Rumah yang Dapat Meningkatkan Nilai Properti

lorong samping rumah

Desain lorong samping rumah yang bagus tidak hanya memberikan manfaat untuk penghuni, tetapi secara tidak langsung juga dapat meningkatkan nilai properti. Selain memberikan ruang tambahan dan fasilitas tambahan, lorong samping yang dirancang estetis dan terawat bisa menjadi daya tarik tersendiri di acara open house.

Jangan khawatir, membuat lorong samping rumah yang indah tidak selalu harus memakan waktu atau biaya yang besar. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan tampilan lorong samping antara lain menambahkan elemen dekoratif seperti pot bunga atau taman kering, mengecat tembok dengan warna-warna cerah dan menyediakan penerangan lampu yang tepat.

Ketika akan merancang atau merenovasi rumah, jangan lupa untuk memperhatikan desain lorong samping rumah. Lorong samping yang dirancang dengan baik bukan hanya memberikan manfaat kepraktisan dan estetika, tetapi juga dapat meningkatkan nilai properti rumah.

Desain Lorong Samping Rumah yang Efektif

efektif desain lorong samping rumah

Lorong samping rumah seringkali diabaikan dan terlihat begitu saja. Padahal, lorong samping rumah bisa dijadikan ruangan tambahan yang bermanfaat untuk menyimpan barang-barang yang tidak muat di dalam rumah. Karena itu, penting untuk merancang lorong samping rumah yang efektif dan mudah digunakan.

Akses Masuk yang Mudah

akses masuk mudah lorong samping rumah

Desain lorong samping rumah yang efektif harus mempermudah akses masuk ke lorong. Lorong samping yang terlalu sempit dan tidak teratur akan membuat akses masuk ke lorong menjadi sulit dan berpotensi membahayakan bagi penghuni rumah. Sebaiknya, buatlah lorong samping rumah sesuai dengan ukuran standar minimal agar mudah digunakan. Pastikan pintu dan jendela pada lorong samping mudah dibuka dan ditutup serta tidak mengganggu penghuni jika ingin keluar atau masuk ke rumah.

Penataan Barang yang Terorganisir dengan Baik

penataan barang lorong samping rumah

Lorong samping rumah sebaiknya difungsikan untuk menyimpan barang-barang yang tidak muat di dalam rumah. Oleh karena itu, penting untuk menata barang dengan rapi dan terorganisir dengan baik agar bisa mudah dicari dan diambil saat dibutuhkan. Buatlah rak atau lemari yang bisa menampung banyak barang. Jangan lupa beri aksesori tambahan seperti gantungan untuk jas atau celana agar tidak kusut dan mudah dicari.

Pencahayaan dan Ventilasi yang Memadai

pencahayaan dan ventilasi lorong samping rumah

Agar lorong samping rumah bisa digunakan dengan nyaman, jangan lupa untuk memperhatikan pencahayaan dan ventilasi. Usahakan agar lorong samping rumah diberi jendela atau skylight yang cukup besar sehingga cahaya matahari bisa masuk sampai ke dalam lorong. Selain itu, buatlah lubang ventilasi yang cukup besar agar sirkulasi udara di dalam lorong tetap terjaga dan penghuni rumah tidak merasa sumpek.

Dengan menerapkan desain lorong samping rumah yang efektif, Anda bisa memaksimalkan ruang di dalam rumah tanpa perlu membeli rumah baru. Selain itu, lorong samping rumah yang rapi dan terorganisir juga bisa memberikan kesan lebih indah dan menyenangkan bagi penghuni rumah.

Menggunakan Tanaman pada Desain Lorong Samping Rumah

tanaman di lorong samping rumah

Menciptakan taman mini atau hiasan dengan tanaman di lorong samping rumah, bisa mempercantik tampilan rumah Anda. Selain sebagai hiasan, penanaman tanaman di lorong juga memberikan banyak manfaat, seperti menyejukkan lingkungan, menyaring polusi udara, dan meningkatkan fungsi ekologis lingkungan. Pelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan tanaman dalam desain lorong samping rumah Anda.

1. Tentukan jenis tanaman yang tepat

Pertama-tama, tentukan jenis tanaman yang tepat untuk ditanam di lorong samping rumah. Pastikan tanaman tersebut sesuai dengan kondisi lingkungan dan memiliki daya tahan yang baik terhadap panas, kelembaban, dan serangan hama. Beberapa contoh tanaman yang cocok untuk ditanam di lorong samping rumah adalah palem, kuping gajah, dan bunga kertas.

2. Buat desain taman mini

Setelah memilih jenis tanaman yang tepat, buat desain taman mini yang sesuai dengan ukuran lorong samping rumah. Anda bisa memilih untuk menanam tanaman dalam pot atau membuat taman mini dengan menambahkan kerikil, batu-batuan, atau bebatuan. Jangan lupa untuk mengecek tingkat kelembaban dan kondisi tanah sebelum menanam tanaman.

3. Gunakan tanaman gantung

Jika lorong samping rumah Anda terbatas, gunakan tanaman gantung untuk mempercantik tampilan. Tanaman gantung yang cocok untuk dipilih adalah ivy atau tanaman merambat lainnya. Anda juga bisa menambahkan lampu untuk memberi efek yang lebih dramatis pada malam hari.

4. Buat jalan dengan batu alam

desain lorong samping rumah

Anda juga bisa membuat jalan dengan batu alam untuk menambahkan nilai estetika pada lorong samping rumah. Pilih batu alam yang berkualitas dan tahan lama. Buat jalur yang nyaman dan mudah untuk dilalui, namun tetap mempertahankan tampilan alamiah.

5. Pertimbangkan fungsi ekologis

Pertimbangkan fungsi ekologis dalam desain lorong samping rumah, seperti menyimpan air hujan dalam parit yang ada di sekitar tanaman. Hal ini dapat membantu mengurangi aliran air permukaan yang bisa membanjiri area sekitar rumah Anda.

Kesimpulannya, desain lorong samping rumah yang menggunakan tanaman dapat mempercantik rumah Anda serta memberikan manfaat ekologis di sekitarnya. Pastikan untuk memilih jenis tanaman yang tepat, membuat desain taman mini yang sesuai, menggunakan tanaman gantung, membuat jalan dengan batu alam, dan mempertimbangkan fungsi ekologis.

Pilih Material yang Tepat untuk Desain Lorong Samping Rumah


lorong samping rumah

Memilih material yang tepat untuk lorong samping rumah sangat penting untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan orang yang menggunakan. Ada beberapa material yang umum digunakan untuk membuat lorong, seperti beton, batu alam, kerikil, kayu, dan banyak lagi. Walaupun banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan material, beberapa faktor penting antara lain keselamatan, kenyamanan, dan efisiensi penggunaan berkelanjutan.

Beton dan Batu Alam

lorong beton

Beton dan batu alam sangat umum digunakan untuk membuat lorong samping rumah. Beton sangat populer karena merupakan material yang sangat tahan lama dan memerlukan perawatan yang sangat sedikit. Beton juga memiliki keuntungan dari segi keamanan, karena permukaannya sangat licin dan sulit tergelincir. Namun, kelemahan beton adalah tampilannya yang monoton dan kurang estetis.

Batu alam, di sisi lain, menawarkan tampilan yang lebih natural dan estetis. Batu alam datang dalam berbagai ukuran dan warna, dan bisa dipotong dan disusun dalam berbagai pola untuk memberikan tampilan yang unik. Namun, batu alam relatif mahal dan memerlukan perawatan yang lebih intensif daripada beton. Batu alam juga lebih licin daripada beton, sehingga lebih rentan tergelincir saat basah.

Kerikil dan Kaca Retak

lorong kerikil

Kerikil dan kaca retak menawarkan tampilan yang modern dan unik untuk lorong samping rumah. Kerikil menawarkan efek yang sedikit kurang berbahaya daripada batu alam karena permukaannya lebih kasar, namun terkadang bisa menjadi licin saat basah. Sedangkan kaca retak sangat tahan lama dan tampilannya menarik, namun lebih rapuh dan memerlukan perawatan lebih intensif.

Kayu

lorong kayu

Kayu dapat memberikan tampilan yang sangat estetis dan natural untuk lorong samping rumah. Kayu juga lebih lembut dan hangat di kaki daripada beton atau batu alam. Namun, kayu memerlukan perawatan yang lebih intensif dan lebih rentan terhadap kerusakan dari cuaca dan serangan serangga. Kayu juga kurang tahan lama daripada beton atau batu alam.

Memilih material yang tepat untuk lorong samping rumah tergantung pada preferensi pribadi, anggaran, dan lingkungan tempat tinggal. Yang terpenting adalah memilih material yang aman, nyaman dan efisien sehingga dapat memberikan pengalaman penggunaan yang optimal.

You May Also Like

About the Author: administrator