lahan pertanian dari pemrov jabar bagi 5 ribu petani milenial telah di siapkan

  • Whatsapp
images 2021 01 29t160001.819

PortalKota, Jakarta – Pemerintah provinsi jawa barat sedang mempersiapkan lahan pertanian untuk dikelola 5.000 para petani milenial yang telah di seleksi dan juga memiliki semangat dalam pengembangan hasil pertanian sehingga tidak lagi mencari pekerjaan ke di kota.

“Lima ribu pemuda warga Jabar sudah menjadi petani, hampir seribu hektar lahan sudah disiapkan dari provinsi,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai peresmian Rumah Kaca Cerdas PT Agro Jabar di Desa Cikole, Desa Wanasari, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Rabu (27/1).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, Indonesia khususnya di Jawa Barat membutuhkan petani muda agar sektor pertanian terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam upaya mewujudkan para petani muda, pemprov Jawa Barat menyediakan lahan yang diperbolehkan dan dapat di garap oleh para petani muda dan menjadikan sumber pendapatan yang lebih baik di banding di kota. “Syaratnya berkeringat, dan syarat tinggal di desa, tidak mau program tapi tinggal di kota,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Ia mengatakan, petani milenial hanya perlu bekerja menanam dan merawat tanamannya agar tumbuh dengan baik, kemudian diberi pinjaman, kemudian hasil pertaniannya akan dibeli oleh PT Agro Jabar. “Tanah dikasih, modal dikasih, hasil dibeli, hidup gampang, kita tinggal hidup untuk bekerja,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, pemerintah ptovinsi jawa barat berencana untuk menyiapkan lahan seluas 4 ribu hektare di daerah Subang tepatnya di kabupaten, yang siap digunakan untuk petani milenial. Ia berharap program tersebut mendapat dukungan dari pemerintah daerah untuk mewujudkan swasembada pangan di Jabar. “Saya tidak melihat alasan untuk tidak bekerja, sampai suatu hari tinggal di desa itu sejuk,” katanya.

Pos terkait