21 Penyebab Sering Sakit Kepala Mendadak, dan cara mengatasinya

  • Whatsapp
images 2021 02 05t220714.425

Penyebab sering sakit kepala yang sering di abaikan banyak orang. Namun jika kondisi kepala sering pusing dan tiba-tiba Anda harus waspada. Karena gejalanya bisa dikaitkan dengan penyakit serius.

Pusing adalah gangguan kepala yang umum. Hampir semua orang akan merasakannya. Faktanya, istilah ini sering disalahartikan sebagai pusing bukan dalam arti penyakit, tetapi oleh banyak masalah.

Bacaan Lainnya

Namun, tidak sedikit orang yang mengaitkan pusing dengan sakit kepala. Padahal, pusing merupakan salah satu bentuk nyeri yang terjadi di kepala. Namun jika sakit kepala umumnya terasa seperti berdenyut atau menusuk, rasa pusing itu seperti berputar-putar.

Advertisements

Gangguan pusing bisa muncul tiba-tiba dan bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan. Namun kondisi ini sangat mengganggu, termasuk gangguan aktivitas.

Penyebab sering sakit kepala mendadak

Pusing yang datang dari waktu ke waktu merupakan hal yang wajar. Apalagi jika Anda jarang minum atau kekurangan cairan tubuh. Selain itu, aktivitas kerja yang menyita perhatian juga bisa membuat Anda merasa pusing.

penyebab sering sakit kepala

Namun, jika Anda sering merasa pusing dan itu terjadi sering atau tiba-tiba, Anda harus waspada. Ada banyak faktor penyebab sakit kepala mendadak yang harus Anda ketahui dan kenali sejak dini.

Advertisements

1. Dehidrasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dehidrasi merupakan salah satu faktor yang bisa memicu sakit kepala. Namun, sakit kepala berputar ini akan segera hilang saat Anda segera minum cukup air.

Seperti kita ketahui, sebagian besar tubuh terdiri dari cairan. Kehadiran cairan sangat penting dalam proses metabolisme di dalam tubuh. Saat tubuh mengalami dehidrasi, beberapa tanda langsung muncul, salah satunya pusing.

2. Stres psikologis

Demikian pula, stres atau stres emosional yang berlebihan bisa menjadi penyebab sering sakit kepala. Namun, stres emosional yang parah dapat menyebabkan depresi.

Advertisements

Stres sebenarnya merupakan hal yang lumrah dan terjadi pada siapa saja. Pada umumnya pusing yang terjadi bukan saat stres, tapi sesudahnya. Ini karena dikaitkan dengan hormon anti stres dari tubuh.

3. Program diet ketat

Bagi mereka yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, harus melakukannya dengan cara yang benar. Mengikuti pola makan yang ketat dan berlebihan justru menyebabkan tubuh kekurangan oksigen yang berujung pada pusing.

Mengurangi makan berlebihan bukanlah diet yang sehat. Kita bisa mengukur pola makan sehat dari tidak adanya efek, termasuk seringnya pusing. Hal ini dikarenakan kebutuhan tubuh akan makanan tetap terpenuhi.

Advertisements

4. Kurang tidur

Faktor lain yang juga bisa menyebabkan sering sakit kepala adalah kurang tidur. Butuh waktu lama untuk menumpuk di meja atau berjalan dalam tidur untuk merilekskan tubuh.

Benda yang belum diistirahatkan dengan baik akan menyebabkan kepala berkedut dan berputar. Ini karena tubuh tidak punya waktu untuk meregenerasi dan memulihkan tubuh sepenuhnya. Karena itu penting untuk memperhatikan waktu tidur Anda.

5. Kebanyakan tidur

Pusing terjadi saat tubuh kurang tidur. Sebaliknya, jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur, Anda akan merasakan hal yang sama. Ini karena tubuh kurang bergerak dan energi putih tidak berguna.

Advertisements

Waktu tidur yang ideal adalah sekitar 8 jam sehari. Tidur lebih dari 10 jam membuat tubuh lemas dan rentan terserang penyakit. Pusing yang terjadi merupakan indikasi adanya ketidakseimbangan dalam aktivitas tubuh.

6. Makan tidak teratur

Makan makanan utama sangat penting bagi Anda secara teratur. Karena jika terlambat makan atau tidak makan secara teratur, bisa juga menjadi penyebab seringnya sakit kepala. Karena itu penting untuk memperhatikan asupan makanan Anda.

Secara umum, kebanyakan dari kita membagi waktu makan menjadi sarapan, menyanyi, dan makan malam. Namun pembagian ini lebih formal. Pasalnya, tubuh secara alami mampu mengirimkan sinyal ke perut yang menggeram bahwa ia membutuhkan makanan.

Advertisements

7. Makan berlebihan

Selain jadwal makan yang tidak teratur, makan berlebihan bisa menjadi penyebab sering timbulnya sakit kepala dan mual. Makan berlebihan akan mengganggu metabolisme tubuh. Jadi penting untuk makan secukupnya.

8. Olahraga berlebihan

Benda yang tidak berolahraga atau bergerak tidak akan menyebabkan vertigo. Namun, jika Anda berolahraga secara berlebihan hingga merasa kelelahan, justru bisa menimbulkan sakit kepala.

Olahraga berlebihan meningkatkan aliran darah ke leher dan otak. Kadar oksigen dalam darah juga akan menurun. Kondisi ini seringkali membuat orang merasa pusing.

Advertisements

9. Paparan radiasi gelombang elektromagnetik

Perkembangan teknologi juga berdampak negatif bagi kesehatan. Komputer, televisi, dan ponsel memancarkan radiasi elektromagnetik yang dapat menyebabkan sakit kepala mendadak.

Jika Anda sering bekerja di depan komputer atau laptop atau menonton TV dengan seksama, hal itu akan menyebabkan mata Anda menjadi lelah dan pusing. Oleh karena itu penting untuk mengambil jarak yang aman karena dapat membahayakan tubuh.

10. Pengaruh hormon

Perubahan hormonal seperti yang sering terjadi pada wanita bisa menyebabkan sakit kepala mendadak. Seperti saat haid yang menyebabkan hormon tubuh berubah drastis. Tapi pusingnya akan hilang dengan sendirinya.

Advertisements

11. Posisi salah

Postur atau bentuk tubuh juga dikaitkan dengan pemicu sejumlah gangguan, termasuk sakit kepala. Kebiasaan menekuk atau menekuk akan mengganggu aliran darah ke otak.

Kondisi ini juga bisa memicu timbulnya sakit kepala. Karena itu penting untuk menjaga postur tubuh dengan kebiasaan meluruskan di berbagai kesempatan. Apalagi saat kita sedang duduk.

12. Tekanan darah rendah (hipotensi)

Faktor lain yang menyebabkan sering sakit kepala adalah tekanan darah rendah. Kondisi hipotensi ini disebabkan oleh turunnya tekanan sistolik akibat perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba. Seperti berdiri tiba-tiba dari jongkok. Jadi penting untuk menjaga kesadaran saat mengubah sikap.

Advertisements

13. Gangguan otot jantung

Sakit kepala yang sering juga bisa menandakan adanya gangguan organ jantung. Penyakit otot jantung, kardiomiopati, atau detak jantung tidak teratur (aritmia) adalah sejumlah gangguan otot jantung yang menyebabkan pusing.

14. Ketidakseimbangan

Jika Anda mengalami gangguan penglihatan, kerusakan saraf di kaki atau telinga bagian dalam seringkali juga menyebabkan pusing. Kondisi ini akan menyebabkan gangguan keseimbangan dimana tubuh akan berayun.

15. Makanan yang menyebabkan pusing kepala

Selain berbagai faktor tersebut, sering sakit kepala juga bisa disebabkan oleh kebiasaan makan kita. Berikut ini berbagai jenis makanan yang bisa sering menyebabkan sakit kepala.

Advertisements

16. Minuman dan makanan dingin

Anda yang sering minum makanan atau minuman dingin mungkin tidak menyadari di mana kepala Anda mulai pusing. Terlalu banyak makan es krim atau air es akan memengaruhi fungsi otak sehingga menyebabkan pusing.

17. Makanan cepat saji

Bagi yang menyukai fast food, sebaiknya batasi jumlah konsumsinya. Sebab, tak hanya risiko sakit parah, tapi juga bisa jadi penyebab sering sakit kepala.

18. Makanan tinggi nitrat

Makan makanan tinggi nitrat bisa menyebabkan pusing. Ini karena makanan tersebut akan memicu tekanan darah tinggi. Karena itu, kurangi jumlah nitrat yang Anda konsumsi.

Advertisements

19. Senyawa Tyramine

Senyawa Tyramine ditemukan di banyak jenis makanan. Seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, keju, acar, dan bawang. Membatasi jumlah konsumsinya bisa mencegah pusing.

20. cokelat

Tentu banyak orang yang menyukai makanan ini. Namun, jika mengonsumsi cokelat dalam jumlah banyak, Anda akan mudah pusing. Apalagi jika Anda memakannya dengan buah anggur.

21. Minuman berkafein dan beralkohol

Mereka yang banyak minum kopi atau minuman beralkohol, seringkali mengalami vertigo. Ini karena minuman ini akan menyebabkan ketegangan sistem saraf dan menyebabkan pusing.

Advertisements

Cara mengatasi sakit kepala yang sering dan mual

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab atau penyebab terjadinya vertigo. Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan sering sakit kepala dan mual sangat penting untuk perawatan yang tepat. Berikut cara mengatasi sakit kepala berulang yang bisa Anda lakukan.

  • Biasakan minum air yang cukup. Ini penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Jika perlu, selalu bawa botol air untuk memudahkan minum.
  • Hindari minum es atau air dingin. Kalaupun suka, apalagi saat cuaca panas, minumlah secukupnya dan jangan berlebihan.
  • Makanlah selalu saat tubuh Anda butuh makan. Menunda makan akan membuat tubuh menderita. Namun, kurangi jumlah konsumsinya sesuai kapasitas perut Anda.
  • Jika ingin mengonsumsi pereda pusing, Anda harus membatasi dosisnya. Konsultasikan dengan dokter jika pusing terus berlanjut.

Itulah berbagai faktor penyebab sering sakit kepala yang harus Anda waspadai. Jika gejala tidak terlalu sering, mungkin masih normal. Namun, jika Anda sering merasa pusing dan mual yang berulang, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Advertisements

Pos terkait