Cara Perawatan Kaki Pecah-Pecah Agar Kembali Mulus

  • Whatsapp
image 44

PortalKota.com, Jakarta – Perawatan kaki pecah-pecah harus diperhatikan untuk menjaga penampilan dasar Anda. Kondisi seperti ini umumnya muncul di tumit Anda pada saat kulit terlalu kering dan terbuka. Jika sudah begini, Anda akan merasakan sakit setiap kali berdiri atau berjalan. Dalam beberapa kasus, kaki pecah-pecah dapat menyebabkan infeksi yang parah.

Apa penyebab kaki pecah-pecah?

Penyebab kaki pecah-pecah adalah kurangnya kelembapan. Seringkali penyebab pastinya tidak diketahui. Kaki Anda bisa menjadi sangat kering karena cuaca yang sangat panas atau dingin.

Bacaan Lainnya

Berikut hal-hal yang mungkin menjadi penyebab kondisi ini:

Advertisements

Eksim

Jika kulit terasa gatal dan kering serta mulai gatal dan mengelupas, berarti Anda menderita eksim atau dermatitis. Ini adalah penyakit kulit kronis yang menyebabkan dermatitis, gatal, kekeringan, dan pecah-pecah.

Kondisi seperti ini biasanya menyerang kulit kepala, dahi, dan wajah, terutama pipi. Kondisi ini biasa terjadi pada orang-orang dari segala usia. Dokter dapat membuat diagnosis melalui pemeriksaan kesehatan.

Kutu air

Kulit kering di kaki juga bisa menjadi gejala kutu air atau kutu air. Kondisi ini terjadi saat kaki Anda basah atau saat Anda memakai kaus kaki dalam waktu lama hingga berkeringat.

Advertisements

Kutu air adalah jamur yang dapat menyebar ke anggota keluarga atau teman yang berbagi handuk mandi.

Selain itu, menurut Preventive Institute, kaki pecah-pecah juga bisa disebabkan oleh beberapa penyebab, yaitu:

  • Masalah biomekanik yang meningkatkan tekanan di area tumit
  • Berdiri lama, terutama di lantai yang keras
  • Obesitas, yang meningkatkan tekanan pada tumit dan menyebabkan kulit meregang secara signifikan
  • Mengenakan sepatu atau sandal yang terbuka ke belakang.

Banyak kondisi kesehatan lain yang dapat menyebabkan kulit pecah-pecah di kaki Anda. Salah satunya adalah europathy, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan penderita diabetes kehilangan kemampuan berkeringat sehingga menyebabkan kulit menjadi sangat kering.

Advertisements

Tips Perawatan kaki pecah-pecah

Ada banyak tips mudah untuk merawat kaki pecah-pecah dan memulihkannya dengan lancar. Di bawah ini adalah kumpulan saran dari College of Podiatry yang disusun oleh National Health Service.

cuci kaki sesering mungkin

Sering-seringlah mencuci kaki Penting untuk menjaga kebersihan kaki Anda dengan sering mencucinya. Dianjurkan untuk mencuci kaki dengan air hangat dengan sabun. Jangan menggosok kaki Anda karena ini akan menghancurkan minyak alami pada kulit. Hindari sabun yang mengandung alkohol, parfum, pewarna, atau bahan kimia lain yang menyebabkan iritasi.

Keringkan kaki Anda Keringkan kaki Anda setelah mencucinya, terutama di sela-sela jari kaki, karena infeksi jamur kutu air dapat berkembang.

Advertisements

Gunakan Pelembab

Gunakan pelembab Gunakan krim pelembab untuk mengobati kaki pecah-pecah. Oleskan di seluruh bagian kaki Anda, termasuk di sela-sela jari kaki. Kulit pecah-pecah juga bisa diatasi dengan menghilangkan lapisan kasar kulit secara perlahan. Anda bisa melakukannya dengan batu apung atau kikir kaki.

Potong Kuku Dengan Hati Hati

Potong kuku dengan hati-hati Potong kuku Anda menggunakan gunting kuku khusus. Potong lurus, jangan miring atau terlalu dalam. Hal ini dapat menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam.

Tips memilih sepatu untuk kaki pecah-pecah

Advertisements

Pemilihan sepatu juga tak kalah pentingnya dalam merawat kaki pecah-pecah. Berikut beberapa tip yang mungkin berguna bagi Anda:

Minimalkan penggunaan sepatu hak tinggi

Gunakan sepatu hak tinggi hanya pada kesempatan tertentu. Jika Anda memang ingin memakai sepatu ini, coba sesuaikan tinggi tumitnya.

Advertisements

Mengenakan sepatu hak tinggi lebih dari 5 cm dalam aktivitas sehari-hari dapat merusak kaki Anda.

Gunakan sepatu sesuai aktivitas

Untuk mengatasi kaki pecah-pecah, selalu kenakan sepatu yang sesuai untuk aktivitas Anda. Jadi jangan pernah menggunakan sendal dengan sol tipis untuk mendaki gunung.

Advertisements

Gunakan sepatu yang pas

Mengenakan sepatu yang tidak pas di kaki Anda bisa menyebabkan gatal-gatal dan iritasi kulit. Tanpa perawatan, kulit kaki kering bisa menebal dan pecah, mengakibatkan kulit kaki Anda pecah-pecah. Ini membuat kaki rentan terhadap infeksi.

Pastikan kaus kaki Anda pas, dengan memperhatikan kaki dan pergelangan kaki Anda. Jika kaki Anda menderita neuropati, pastikan tidak ada jahitan yang terlihat di dalam kaus kaki Anda yang dapat menggesek dan merusak kulit Anda.

Advertisements

Itulah beberapa tips untuk perawatan kaki pecah-pecar agar kembali mulus seperti semula. Lalu, bagaimana cara anda untuk mengatasi kulit kaki yang pecah pecah? Berikan komentar anda di bawah.

Pos terkait