8+ Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Berkualitas di Tahun 2022

8+ cara menulis surat lamaran kerja berkualitas di tahun 2022
8+ Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Berkualitas di Tahun 2022

Menulis surat lamaran merupakan langkah penting yang harus Anda lakukan saat melamar pekerjaan. Sayangnya, tidak semua pelamar tahu cara menulis surat lamaran kerja yang baik.

Tentu saja, kunci pertama aplikasi cepat HRD ditulis dengan struktur dan tambahan yang menarik.

Bacaan Lainnya

Tapi, jangan khawatir, artikel ini menjelaskan proses penulisan surat lamaran kerja dengan fitur tambahan yang akan membuat lamaran Anda lebih cepat disetujui oleh HRD.

Selain membaca artikel ini, Anda dapat mempelajari cara menulis surat lamaran secara langsung melalui bagian online PortalKota menggunakan kartu pra-kerja Anda.

Anda juga bisa berlatih membuat surat lamaran dengan contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang sudah disediakan disana, kamu tinggal melihat dan menirunya.

Berikut adalah beberapa cara menulis surat lamaran kerja berkualitas yang dapat kamu perhatikan disetiap poin didalamnya.

Tuliskan nama dan alamat tujuan

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Dimulai dengan tanggal surat, nama orang yang dituju dan alamat lengkap kantor perusahaan. Pada hari surat itu, tuliskan kota dan tanggal Anda mengirimkan aplikasi Anda. Hari ada di pojok kanan atas. Kemudian di bagian kiri bawah tertulis nama HRD atau perwakilan kantor yang dituju. Jika Anda tidak tahu, “sayang, wanita dan pria tersayang.” Kemudian nama dan alamat perusahaan.

Salam dan surat pembuka

Selanjutnya, pergi ke alfabet. Yang harus Anda lakukan hanyalah menulis pengantar, informasi lowongan tentang dari mana Anda mendapatkannya, dan satu-satunya tempat Anda ingin melamar. Tetap sederhana dan jelas agar Anda tidak lupa menggunakan bahasa standar.

Informasi biografi pribadi

Ulangi cara Anda menulis surat lamaran kerja selanjutnya, Anda bisa menulis biografi pribadi Anda. Anda bisa mulai dengan nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, email dan latar belakang akademis. Pastikan data yang Anda masukkan realistis dan tidak berbohong tentang informasi tersebut.

Pengalaman dan kemampuan

Kunci sukses surat lamaran adalah HRD dalam hal pengalaman dan keterampilan. Di bagian ini, Anda harus memperkenalkan diri dengan menunjukkan kekuatan Anda. Pelajari keterampilan dan pengalaman yang akan berkontribusi pada posisi yang Anda lamar. Jangan membicarakan keterampilan dan pengalaman lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Penutupan

Akhirnya, Anda dapat menegaskan kembali bobot pekerjaan yang terlibat dan harapan. Tidak harus panjang dan verbal, sampaikan dengan jelas dan singkat. Buatlah makanan penutup yang manis dan ucapkan terima kasih. Juga, pastikan Anda menggunakan bahasa standar.

Lampiran

Cara menulis surat lamaran kerja yang menarik tergantung bagaimana Anda bisa meyakinkan HRD tentang keahlian dan pengalaman Anda. Oleh karena itu, kirimkan lampiran dengan portofolio pekerjaan, sertifikat yang diperoleh, foto paspor, transkrip, CV, dan lainnya. Anda juga dapat menyertakan sertifikat medis kesehatan fisik dan mental.

Tanda tangan dan nama asli

Terakhir, di pojok kanan bawah, berikan tanda tangan dan nama asli Anda. Tidak perlu cap, Anda hanya perlu menulis dengan jujur, lalu tanda tangan dan nama lengkap Anda. Berikan tanda tangan standar yang biasa Anda gunakan, bukan huruf awal.

Beberapa tips untuk mendapatkan aplikasi HRD

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melamar aplikasi HRD. Pertama, lamaran harus ditulis dalam bahasa Indonesia baku dan menggunakan ejaan yang benar. Hindari kesalahan ejaan atau gunakan bahasa yang sederhana karena akan mengurangi biaya surat lamaran kerja.

Kedua, pastikan Anda menunjukkan sudut pandang Anda di HRD dengan pengalaman dan keterampilan terbaik Anda. Jika pengalaman dan keterampilan Anda terkait dengan posisi yang Anda lamar, aplikasi Anda kemungkinan akan masuk dalam daftar pendek.

Itulah panduan singkat tentang cara menulis surat lamaran kerja. Untuk informasi lebih lanjut, klik tautan yang tercantum di atas dan lihat cara menulis surat lamaran di PortalKota.

Pos terkait