Investor IKN Diimingi HGB 160 Tahun, Tanda Megaproyek Jokowi Berpotensi Mangkrak?

305316 08463811102022 hadi tjahjanto pecian

PORTALKOTA – Iming-iming insentif perizinan hak guna bangunan (HGB) selama 160 tahun bagi investor Ibukota Nusantara (IKN) yang disampaikan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dipertanyakan.

Salah satunya disampaikan peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Nailul Huda, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (11/10).

Bacaan Lainnya

Dia memandang, iming-iming yang diwacanakan pemerintah salah satu tanda pemerintah sudah frustasi karena tidak ada investor yang tertarik dengan megaproyek IKN yang digagas Jokowi ini.

“Nampaknya investor sudah mulai ragu akan keberhasilan dari proyek IKN ini. Makanya banyak yang mundur kan?” ujar Huda.

Dari gelagat pemerintah yang mengemuka soal insentif HGB 160 tahun ini, Huda memprediksi ada potensi proyek strategis nasional ini tidak akan selesai.

“Sangat potensial untuk mangkrak. Dari awal pun saya sudah sampaikan kalo potensi mangkraknya besar karena memang biaya tinggi dan ekonomi global tengah tidak pasti,” tuturnya.

“Investasi sekarang cost-nya tinggi karena suku bunga acuan bank sentral negara-negara lain meningkat. Dengan risiko politik dan ekonomi yang tinggi saya rasa susah bagi masyarakat Indonesia untuk melihat IKN Baru,” demikian Huda.

Sumber : RMOL

Pos terkait