Penegakan Tilang Di Jalan Akan Ditiadakan, Ini Penggantinya

  • Whatsapp
images 2021 01 21t164925.974

PortalKota.com, Jakarta – Satu-satunya calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, menjelaskan pidato penegakan tilang hukum lalu lintas. Di bawah kepemimpinannya, pelanggaran lalu lintas yang sekarang atau tiket di tempat akan ditiadakan.

Sebagai gantinya, semua pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna jalan akan dicatat melalui e-tiket atau Electronic Traffic Law Enforcement Agency (E-TLE).

Bacaan Lainnya

Khusus di pada lalu lintas, penegakan tindakan pidana lalu lintas secara bertahap akan mengutamakan mekanisme penegakan hukum elektronik atau dikenal E-TLE, kata Komjen Sigit Listyo dalam uji kelayakan dan kelayakan di DPR yang disiarkan langsung, Rabu (20/1/2021). .

Tentunya pidato ini akan memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Pengawas Transportasi Djoko Setijowarno menilai ini langkah yang bagus.

“Ide bagus, tapi harus segera dilengkapi dengan kamera pengintai,” kata Djoko pada Rabu (21/1/2021).

Tiket di jalan, katanya, sudah waktunya dilepas. Selain lebih efektif, menurutnya ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap polisi.

“Sudah saatnya meninggalkan cara manual, dan metode penomoran elektronik sudah mulai dikembangkan dan ditingkatkan. Tilang elektronik akan meningkatkan citra polisi di masyarakat,” tambahnya.

Hal tersebut sejalan dengan logika Komjen Sigit yang menyebabkan ia mencopot tiket tersebut di jalan raya. Ia mengatakan, hal itu berguna untuk menghindari perbuatan salah ketika anggota Polri melakukan penghilangan paksa.

Comin Seagate berkata: “Di masa depan, saya berharap personel lalu lintas turun di alun-alun dan kemudian mengatur kemacetan, tidak perlu tiket. Kami berharap ini akan menjadi simbol perubahan perilaku polisi, terutama di sektor layanan lini depan, yaitu orang-orang kita di lalu lintas.” .

Meskipun tidak ada lagi tiket dalam perjalanan. Di lapangan tentunya masih ada yang harus mengawasi. Tentunya hal ini dilakukan untuk menghindari pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Ia menyimpulkan dengan mengatakan, “Masih diperlukan (pengawasan) dalam beberapa hal. Dan upaya besar harus dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan.” Penegakan tilang akan digantikan dengan E-TLE.

Pos terkait