Survei CISA: Mayoritas Tolak Wacana Presiden 3 Periode

  • Whatsapp
survei cisa mayoritas tolak wacana presiden 3 periode 89744

PortalKota Hasil survei Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) menyatakan, mayoritas publik menolak wacana presiden tiga periode.

Dalam hasil survei survei berkala terkait isu politik terkini termin ketiga yang diterbitkan selama masa pandemi Covid-19 ini disebutkan, mayoritas responden menolak wacana penambahan masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden.

Bacaan Lainnya

“Sebanyak 58,25 persen responden menyatakan tidak setuju dengan penambahan periode masa jabatan Presiden,” kata Direktur Eksekutif CISA Herry Mendrofa dalam rilis surveinya, Sabtu (4/9).

Meski demikian, ada 28,83 persen responden menyatakan setuju dengan wacana ini. Selanjutnya, responden yang menyatakan sangat tidak setuju sebanyak 8,25 persen, tidak tahu/tidak melenjawab 2,58 persen dan sangat tidak setuju terdapat 2,09 persen.

Dijelaskannya, salah satu faktor yang membuat responden banyak menolak ialah karena alasan konstitusi. Lebih jauh, Herry merincikan mayoritas masyarakat juga menolak perpanjangan masa jabatan presiden hingga 2027 terhadap Joko Widodo (Jokowi).

Dipaparkanya, 60,08 persen responden tidak setuju dengan wacana penambahan waktu kepemimpinan Jokowi. Hanya 25,45 persen responden yang setuju dan 2,75 persen yang sangat setuju. Sementara yang sangat tidak setuju 8,42 persen dan tidak tahu/tidak menjabat 2,33 persen.

Survei CISA menyasar pada 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi. Survei diklaim dilakukan secara proporsional. Ia menggunakan teknik pengambilan sampel secara random atau acak. Sementara margin of error mencapai 2,85 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: Rakyat Merdeka

Pos terkait