Survei Pilpres Hari Ini: Ganjar Menang Jika Berhadapan dengan Dua Sosok Ini

  • Whatsapp
survei pilpres hari ini: ganjar menang jika berhadapan dengan dua sosok ini

PortalKotaSurvei Nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) terkini menyatakan pada umumnya Ganjar Pranowo akan menang jika berhadapan hanya dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam kondisi seluruh pemilih sama-sama mengetahui ketiga nama tersebut.

Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad Dalam mengatakan hampir semua pemilih akan tahu semua calon Pilpres pada hari H.

Bacaan Lainnya

Dalam situasi pemilih tahu semua calon yang bersaing di hari H, kata Saidiman, maka Ganjar akan mendapat suara tertinggi ketimbang Prabowo dan Anies.

Advertisements

Hal tersebut disampaikannya dalam rilis survei bertajuk Partai Politik dan Calon Presiden: Sikap Pemilih Pasca Dua Tahun Pemilu 2019 pada Minggu (13/6/2021).

“Dalam simulasi tiga calon urutan atas, Anies, Ganjar, dan Prabowo, yang ketiganya sama-sama diketahui pemilih, Ganjar dipilih 43,3%, Prabowo 24,4%, dan Anies 21,7%,” kata Saidiman.

Analisis pada yang tahu ketiga calon tahu Prabowo dan Ganjar dan Anies:

Advertisements

Dalam simulasi semi terbuka 42 nama dengan situasi ketiganya sama-sama diketahui pemilih, Ganjar mendapat dukungan terbesar 22,1%, selanjutnya Prabowo 15,8%, Anies 11%.

ganjar pranowo saat ditemui tribunsolo.com di kawasan taman budaya jawa tengah, selasa (1/6/2021).
ganjar pranowo saat ditemui tribunsolo.com di kawasan taman budaya jawa tengah, selasa (1/6/2021). (tribunsolo.com/azfar muhammad)

Jika jumlah calon dikurangi menjadi 15 nama, kata dia, maka Ganjar unggul dengan dukungan 26,7%, disusul Prabowo 17,5%, dan Anies 12,7%.

Sedangkan jika jumlah calon yang bersaing delapan nama, Ganjar unggul dengan dukungan 28,2%, disusul Prabowo 18,1%, dan Anies 13,5%.

Advertisements

Sedangkan kalau pilpresnya dilakukan sekarang dan pemilih sama-sama tahu ketiga calon tersebut maka dalam simulasi tiga nama, kata dia, Ganjar akan dipilih oleh 43,3%, Prabowo 24,4%, dan Anies 21,7%.

“Dalam situasi demikian Ganjar unggul sangat jauh, sementara suara untuk Prabowo dan Anies tidak berbeda signifikan secara statistik.

Perbedaan di bawah margin of error kurang lebih 4,2%.

Advertisements

Bila Ganjar tidak maju maka persaingan antara Anies dan Prabowo akan ketat.

Keunggulan tajam Ganjar dalam simulasi ini menunjukan bahwa Ganjar lebih mampu menarik pemilih calon-calon selain Prabowo dan Anies,” kata dia.

Populasi survei tersebut adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Advertisements

Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1.220 responden.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.072 atau 88%.

Sebanyak 1.072 responden tersebutlah yang dianalisis.

Advertisements

Margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sampel tersebut sebesar kurang lebih 3,05% pada tingkat kepercayaan 95% (dengan asumsi simple random sampling).

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih dengan mematuhi protokol kesehatan.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendarangi responden terpilih (spot check).

Advertisements

Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

Waktu wawancara lapangan dilakukan pada 21 sampai 28 Mei 2021 oleh Tim Tribunnews.com.

Sumber: Tribunnews.com

Advertisements

Pos terkait