5 cara mengatasi perut kembung terasa sakit dan nyeri

  • Whatsapp
images 2021 01 31t214229.215

PortalKota, Jakarta – Apakah Anda pernah menderita perut kembung? Pasti sangat buruk, bukan? Tidak hanya mengganggu, perut juga bisa terasa nyeri, berikut 5 cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung!

5 cara mengatasi perut kembung terasa sakit

1. Kurangi asupan gula Anda

Perut kembung biasanya disebabkan oleh makanan yang dimakan. Jenis gula yang berbeda, seperti laktosa dalam produk susu, bisa jadi salah satu penyebabnya!

Bacaan Lainnya

Ini sering terjadi pada orang yang tergolong tidak toleran laktosa atau mengalami kesulitan mencerna laktosa. Laktosa yang tidak dicerna oleh tubuh menyebabkan peningkatan produksi gas dan air di dalam perut, sehingga terjadi penumpukan yang menyebabkan kram perut, diare, dan perut kembung.

2. Hindari minuman ringan

Meski minuman ini menyegarkan, namun konsumsi berlebihan bisa menyebabkan perut Anda kembung. Selain itu, kandungan kafein pada minuman bersoda bisa menyebabkan dehidrasi. Menurut Brian Curtin, MD, MHSc, seorang ahli gastroenterologi, dehidrasi merupakan salah satu penyebab sembelit dan perut kembung.

3. Makan lebih banyak mint

Makan makanan yang mengandung mint, seperti teh, bisa membantu meredakan perut kembung! Peppermint membantu mengatasi gangguan pencernaan dengan cara mengendurkan otot perut, sehingga proses mencerna makanan menjadi lebih cepat.

4. Konsumsi probiotik

Probiotik merupakan “bakteri baik” bila dikonsumsi dalam jumlah tertentu bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Sebuah studi pada tahun 2011 dan 2013 menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu meringankan masalah pencernaan seperti perut kembung. Probiotik juga membantu dalam menjaga sistem kekebalan dan mengurangi peradangan di usus.

Tahukah kamu? Probiotik, terutama Lactobacillus dan Bifidobacterium, sangat membantu dalam mengurangi jumlah gas di usus. Ya, ini sangat bagus untuk mengurangi perut kembung. Beberapa makanan yang mengandung probiotik antara lain yogurt, keju, tempe, kimchi, dan kombucha.

5. Cobalah berolahraga

Menurut Digestive Association, olahraga dapat membantu mengurangi penumpukan gas di perut. Tak hanya itu, olahraga bisa mempercepat proses pencernaan di usus, lho! Oleh karena itu, Mayo Clinic sangat menganjurkan untuk berolahraga sebelum makan. Beberapa olahraga yang direkomendasikan untuk perut kembung adalah yoga, jalan kaki, dan bersepeda.

Padahal, perut kembung merupakan kondisi yang tidak sulit untuk diobati. Namun, jika kondisi tubuh Anda memburuk, seperti penurunan berat badan, darah saat buang air besar atau tinja berwarna hitam, muntah terus-menerus, dan sakit perut yang parah, Anda harus segera menghubungi staf medis untuk mendapatkan bantuan.

Teman yang sehat sekarang tahu apa yang bisa dilakukan untuk mengobati perut kembung. Kami harap artikel ini bermanfaat.

Pos terkait