Pembajakan Whatsapp Meraja Lela, Ini Modus Si Hacker

  • Whatsapp
cara mengatasi whatsapp tidak bisa kirim gambar
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Gambar

Aksi pembajakan WhatsApp kembali ramai. Sejumlah pengguna memberitakan di media sosial bahwa akun mereka tiba-tiba diambil alih oleh peretas karena tindak kriminal.

Bahkan Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia (MCMC) telah mengeluarkan peringatan yang meminta masyarakat untuk mewaspadai semakin banyaknya taktik inventif yang digunakan oleh para penjahat dunia maya yang mencoba membajak akun WhatsApp.

Bacaan Lainnya

Peringatan ini dikeluarkan karena semakin banyaknya laporan kasus penipuan yang dilakukan melalui aplikasi, seperti dilansir The Star Online, Senin (25/1/2021).

Advertisements

MCMC mengatakan pembajakan akun Whatsapp biasanya berhasil jika korban membocorkan kode verifikasi enam digit, yang biasanya akan diterima pengguna ketika ada upaya untuk mengubah nomor telepon yang terkait dengan akun mereka. Kode verifikasi ini dikirim melalui SMS.

Salah satu modenya adalah bahwa penipu menghubungi calon korban yang menyamar sebagai individu atau bisnis yang mengklaim telah memasukkan nomor telepon korban secara tidak benar ketika mencoba menyelesaikan transaksi online, akibatnya kode otorisasi transaksi telah dikirim ke telepon korban. dan meminta untuk mengirimkan kode.

Permintaan untuk dikirimi kode verifikasi ini bahkan bisa datang dari anggota keluarga atau teman korban melalui akun yang telah dibajak oleh penipu, ujar MCMC.

Advertisements

Taktik ini biasanya menyesatkan korban dengan berpikir bahwa mereka mengirimkan TAC (kode otorisasi transaksi) yang tidak terkait kepada penipu padahal sebenarnya mereka mengirimkan kode verifikasi enam digit ke akun WhatsApp korban sendiri.

Modus lain, scammer menyamar sebagai karyawan WhatsApp untuk menipu pengguna agar membagikan kode verifikasi mereka. kasus di mana penipu tidak sengaja memasukkan kode beberapa kali dan gagal memaksa sistem WhatsApp untuk menghubungi pengguna tentang kode verifikasi mereka.

Dalam kasus ini, penipu, yang berpura-pura menjadi orang lain, akan menghubungi pengguna untuk meminta kode. Jika pengguna tidak menjawab panggilan otomatis oleh WhatsApp dan memasuki kotak pesan suara pengguna, penipu akan mencoba menebak secara acak atau meminta kode PIN kotak pesan suara pengguna untuk mengakses rekaman, jelas MCMC.

Advertisements

Pos terkait